Doa Untuk Para Pahlawan

(Sumber: IG Kmk_Unmul)


Pada setiap tanggal 10 November Masyarakat Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan Nasional. Untuk mengenang jasa pahlawan yang telah banyak berjasa dengan jiwa dan raga, nantinya akan diadakan doa bersama pada saat upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional. 

Setiap masyarakat tak memandang suku dan agama diharapkan mengikuti doa bersama untuk para pahlawan Indonesia yang telah berjasa.

(Sumber foto: Gereja Katolik Paroki St. Yosef Bontang, Kalimantan Timur)

Mengutip Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial, berikut Doa Menurut Agama Katolik pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019:

Dimulai dengan tanda salib:

(+) DALAM NAMA BAPA DAN PUTERA DAN ROH KUDUS
AMIN

Ya Allah Pencipta Alam Semesta, Engkaulah awal dan akhir kehidupan semua ciptaan, khususnya umat manusia. Pada kesempatan ini, kami memperingati hari Pahlawan Nasional melalui Ziarah ke makam para pahlawan kami. Kami mendoakan pa,rapahlawan, yaitu semua yang memperjuangkan kemerdekaan, kesatuan, kedamaian, kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di negara dan bangsa kami.

Ya Allah Sang Penyelamat, kami semua dapat merasakan kesatuan kami dengan para pahlawan yang telah mendahului kami. Melalui cita-cita, perjuangan dan semangat berkobar yang mereka teladankan, berupaya membuang dan mengusir segala benih perpecahan dan perselisihan, dan dengan rendah hati mereka saling mendukung, saling menolong dan saling menguatkan dalam memperjuangkan kesatuan, kedamaian, kerukunan serta kesejahteraan bagi seluruh warga negara dan bangsa kami.
Ya Allah Yang Maharahim, kami berdoa bagi para pahlawan kami dan semua yang telah berjasa demi tegaknya NKRI, ampunilah dosa-dosa mereka, dan terimalah mereka dalam pangkuan cahaya kasihMu. Mereka telah mengorbankan hidup dan mengalami kematian, maka berikanlah kebahagian abadi di sisi-Mu.

Ya Allah yang Mahabaik, bimbinglah dan kuatkanlah kami agar dapat menjadi pahlawan masa kini, yang tidak kenal lelah menjaga kesatuan Indonesia, membangun kerukunan dan kedamaian yang berkualitas, pendidikan yang mencerdaskan bangsa, memperjuangkan keadilan dan kebahagiaan sesama anak bangsa, demi terwujudnya masyarakat kami yang rukun, cerdas, moderat dan unggul.

Ya Bapa semua pujian, permohonan, dan harapan ini kami haturkan kepada-Mu dengan perantaraan Yesus Kristus Sang Penyelamat kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus kini dan sepanjang segala masa. AMIN

(+) DALAM NAMA BAPA DAN PUTERA DAN ROH KUDUS
AMIN

Itulah Doa Hari Pahlawan 2019 Menurut Agama Katolik pada 10 November 2019 yang dapat dijadikan pedoman.

Selamat Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 yah para sahabat KMK Unmul Dimanapun Kalian Berada.
.
Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno Mengungkapkan Bahwa “ Bangsa yg besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”.
.
Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa lebih meneladani semangat dan nilai kepahlawanan dengan menjadikan pahlawan sebagai panutan hidup kita.

Ad Maiorem Dei Gloriam




Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Doa Hari Pahlawan 2019: Menurut Agama Katolik Pada 10 November 2019, https://sumsel.tribunnews.com/2019/11/05/doa-hari-pahlawan-2019-menurut-agama-katolik-pada-10-november-2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA PERAYAAN EKARISTI (RITUS NOVUS ORDO)

Logo/Lambang Organisasi KMK St. Tarsisius Unmul

Hari Ayah Nasional 12 November 2019