Catatan Karya Anak KMK

                               

                                       “Pancasila Dalam Realita Masa Kini”
                                         Oleh : Krismonika Benang
                                                  Staff Medikom 

Negara Indonesia menganut sebuah Ideologi penting yang di kenal dengan “Pancasila
Hari Pancasila, di tetapkan pada setiap tanggal 1 Juni .
Pancasila mengandung lima (5) Sila penting yang mencerminkan Idealisme atau cita-cita bangsa Indonesia.“Panca” berarti lima dan “Sila” berarti prinsip atau asasPancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupanberbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pancasila terlahir dari pemikiran-pemikiran hebat Para Pahlawan di Indonesia.
Di antaranya ada, Ir.Soekarno, Muhammad Yamin, Soepomo, yang berjuang secara heroik untuk mengaktualisasikankemerdekaan Indonesia akibat ratusan tahun dijajah olehkolonialisme barat.
Ir.Soekarno dalam pidato nya di depan Dokuritsu ZyunbiTyoosakai tanggal 1 Juni 1945 menyebutkan bahwakemerdekaan tak lain dan tak bukanialah satu jembatansatujembatan emas, yang arti nya bahwa di sebarangan nya jembatan itulah kita sempurnakan kita punya masyarakat

Kedudukan formal Pancasila yang sangat kuat sering tampaktidak selalu sejajar dengan pengalaman-pengalaman Pancasiladalam kehidupan social masa kini.
Pancasila ini belum menjadi etos bangsa Indonesia, mengapa?
Mari kita lihat realita Pancasila masa kinipasalnya denganlunturnya nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakatIndonesia berpotensi menimbulkan konflik di negara ini.
Yang menjadi pertanyaan sekarang apakah 5 Butir Pancasilamenjadi pedoman bangsa Indonesia masa kini? 
Mari kita jabarkan satu-persatu poinnya

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Apakah di Indonesia sekarang ini Percaya dan takwa kepadaTuhan ? 
Bahkan sampai sekarang masih terjadi kasusSARA(Suku,Agama,Ras,dan Antargolongancontohnya  yang terjadi di Wamena,Papua menyisakan trauma mendalam bagi para korbanTercatatat 11 ribu  meninggalkan Wamena untuk kembali ke tanah asal.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Apakah sekarang ini dijaman ini persamaan derajat hak dan persamaan kewajiban antara manusia ada di Indonesia, dan apakah menjunjung tinggi nilai kemanusiaan?
Bahkan banyak sekali kasus bodyshaming di Indonesia sering terjadicontohnya seperti yang terjadi di pada siswi yang berinisial R A kasus bodyshaming yang terjadi pada dirinya dan menggungah nya ke akun twitter nya tanggal 15 februari 2020.

3. Persatuan Indonesia 
Apakah sekarang ini kita menempatkan kesatuanpersatuan di bangsa Indonesia kita ini?
Aksi demo yang di lakukan pada tangga 21,22 mei 2019 pada kerusuhan tersebut mengakibatkan 8 orang meninggal dunia.

4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaandalam permusyawaratan dan perwakilan.
Apakah mengutamakan kepentingan Negara kita, Musyawarahuntuk mencapai mufakat bahkan apakah keputusan yang di ambil harus dapat di pertanggung jawabkan secara moral kepadaTuhan Yang Maha Esa?
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sangat menyayangkan bahwa silake empat tak lagi dipahami.
Sila keempat sudah tak ada lagi, semua bertarung itu bukanIndonesia,jauh dari peradapan kita Indonesia.
5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia 
Apakah sekarang ini di Indonesia mengembangkanperbuatan-perbuatan yang luhur mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong, apakah di Indonesia masih menghormati hak-hak orang lain, bahkandi mata hokum sudah sepatutnya hak-hak rakyat Indonesia berlakukan secara adilSebagai contohnya kita liat jandamiskin tak dapat psks, salah satu warga miskin tidak dapatdana program simpangan keluarga sejahtera(PSKS), apakah ini yang dinamakan Keadilan Sosial ? 


Harusnya kita sebagai generasi muda yang hidup di zamanglobalisasi ini harus memperdalam dan benar-benar memahamimakna dari Pancasila yang sebenarnya. Di zaman yang modern dan penuh dengan teknologi canggih ini, seharusnya kita akan dengan mudah menemukan informasi yang berguna dan berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.

Sejatinya makna dari Pancasila itu sudah ada di dalammasyarakat Indonesia, hanya saja beberapa oknum tidak maumenerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam hidup dan kegiatannyajika kita mau menerapkan nilai-nilai Pancasilatoleransi dan menghargai sesamamaka Bangsa Indonesia bisaberkambang dan akan menjadi salah satu negara yang maju dan sejahtera.


#Saya Indonesia!
#Saya Pancasila!
#Kita Pancasila!
#Menangkan Pancasila

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA PERAYAAN EKARISTI (RITUS NOVUS ORDO)

Logo/Lambang Organisasi KMK St. Tarsisius Unmul

Hari Ayah Nasional 12 November 2019