Hai Folks, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kita semua masih dalam keadaan sehat dan tetap bisa memuliakan Allah ditengah pandemic hari ini ya!
Ohya, sebelumnya teman-teman KMK pedia ingin mengucapkan selamat paskah untuk kawan-kawan semua, semoga paskah yang kita rayakan dapat membuat kita terus bisa memaknai salib dan pengorbanan Kristus dalam kehidupan sehari-hari.
Gimana nih kawan-kawan rasanya menjalani Tri Hari Suci lewat siaran TV/Streaming? Pasti jadi pengalaman tersendiri ya, maybe kalian kalau ada yang mau sharing-sharing pengalaman panjang tentang Tri Hari Suci kalian tahun ini, bisa comment di Kolom komentar. Nah, hari ini KMK pedia akan mengangkat tema “HOLLY WEEK” karena tidak bisa kita pungkiri walaupun paskah sudah lewat tapi vibesnya pasti masih mebekas di hati.
Yuk, kita kupas tuntas tentang “HOLLY WEEK”
Arti Hari Tri Suci Dalam Agama Kristen Katolik
Dalam agama Katolik, dikenal adanya Pekan Suci dan Hari Suci, dimana baik Pekan Suci maupun Hari Suci, keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni mengenang kebaikan Tuhan Yesus yang rela disalibkan untuk menebus dosa manusia. Pekan Suci sendiri adalah pekan yang berawal dari Minggu Palma.Sementara itu, Hari Suci umat Katolik dikenal sebagai Tri Hari Suci yakni yang terbagi menjadi Kamis Putih, Jumat Agung dan ditutup dengan Paskah. Tri Hari Suci biasa juga dikenal sebagai Tridum:
Pekan Suci
Pekan Suci adalah salah satu cara umat Katolik dalam mengingat kembali yang telah dialami Tuhan Yesus selama di dunia. Pekan Suci diadakan sebelum Paskah yakni seminggu sebelumnya. Di Pekan Suci ini, umat Katolik mengenang kebahagiaan Tuhan Yesus semasa di Yerusalem.  Selain itu, juga akan direfleksikan mengenai bagaimana Tuhan Yesus ditangkap, disalibkan, meninggal, hingga akhirnya Dia dikuburkan. 


                                           

        1. Minggu palma


Minggu Palma adalah minggu dimana umat Kristen maupun Katolik sama-sama merayakan saat Yerusalem kedatangan Tuhan Yesus. Saat menuju Yerusalem, banyak orang yang menantikan kedatangannya. Mereka menyambutnya dengan masing-masing di antara mereka menggenggam daun palmaHal inilah yang menjadi contoh bagi umat Kristen dan Katolik untuk menyambut kedatangan Kristus.
2. Kamis Putih
Kamis putih adalah salah satu perayaan umat Katolik. Perayaan ini dimaksudkan untuk mengenang Perjamuan Kudus yang dilakukan Kristus bersama kedua belas murid-Nya. Dalam perayaan ini, roti dipecah-pecah sebagai tanda bahwa itulah tubuh Kristus yang dikorbankan demi dosa manusia. Inti dari Ekaristi pada umat Katolik berasal dari perayaan tersebut
3. Jumat Agung

Jumat Agung adalah perayaan umat Kristen dan Katolik.Perayaan ini dimaksudkan untuk mengenang kematian Kristus mulai disalibkan hingga Dia wafat. Saat menjalani penyaliban, Kristus memang sangat berserah kepada Bapa. Hal inilah yang menjadi layak untuk Anda tiru semasa hidup di dunia ini.Karena segala sesuatu yang baik tidak akan berjalan dengan baik, selalu saja ada orang jahat yang berencana membelokkan dan menjerumuskan. Saat perayaan Jumat Agung, umat Kristen melakukan puasa Akan tetapi, hal ini berbeda dengan perayaan yang dilakukan oleh umat Muslim. Puasa yang dilakukan oleh umat Kristen adalah puasa daging dan hawa nafsu.Sementara itu, bagi umat Katolik, biasanya mereka membuat jalan salib pada hari perayaan tersebut. Memang, Tuhan telah mengetahui semua dosa yang kita lakukan
Tuhan tidak membutuhkan pengakuan yang tidak disertai dengan penyesalan. Mengaku berarti mengerti bahwa Anda salah sedangkan menyesali berarti Anda sangat mengerti bahwa dosa Anda sangat berat, sangat menyakiti perasaan Allah. Oleh sebab itulah, inilah momen dimana Anda dapat meminta maaf kepada Allah, berjanji, merencanakan dan melakukan kebaikan yakni berubah menjadi lebih baik.
Diatas tadi merupakan pemaknaan silmbol-simbol paskah secara umum, maka sebenernya perlambangan tri hari suci bisa kita terus maknai setiap harinya berikut adalah pemaknaan tersebut yang bisa kamu renungkan setiap harinya;
1. Kuasa Tuhan tanpa batas
Kuasa Tuhan tanpa batas, karena Tuhan sudah bangkit dari antara orang mati. Allah sudah bangkit dari kematian.Kematian adalah batas terakhir dari kuasa hidup manusia.Siapapun tidak bisa memperpanjang hidup manusia.Manusia hanya berusaha semaksimal mungkin, tetapi tetap otoritas atas kelahiran dari seorang bayi itu, hidup atau mati, tetap di tangan Tuhan. Bayi tabung pun hanya sedikit keberhasilannya.
Hidup kita itu istimewa! Setiap orang hidup dalam rancangan Tuhan yang istimewa!Apapun persoalanmu, satu kuncinya, percayakah Saudara bahwa Tuhan bangkit bagi Saudara? Saudara harus yakin yang seyakin-yakinnya bahwa Allah berkuasa atas kehidupan Saudara secara mutlak.Tuhan sudah menang atas kematian, atas kemustahilan, atas persoalan yang berat atas hidupmu, mengapa kamu masih mencari di antara orang mati? Kuasa Tuhan dalam hidup kita berlaku, Dia sanggup membebaskan dan bisa memberikan kita jalan keluar yang luar biasa. Allah yang kita sembah bukanlah orang mati. Yesus bangkit, memberikan kesempatan bagi kita untuk kita mengalami kebangkitan dalam segala perkara,setiap perkara, usaha, kesehatan, dalam segala sesuatu.
2. Penggenapan Firman Tuhan
Lukas 24:7-8, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga." Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.Alkitab kita adalah Firman Allah yang benar dan bukan kebohongan, Kitab yang akan terjadi! Penggenapan Firman Tuhan pasti akan terjadi!
Allah berbicara mengenai penggenapan Firman Tuhan dalam hidup kita, Dia sudah menubuatkan. Dia pernah diejek orang-orang Yahudi, "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!"(Matius 27:40) Mereka lupa bahwa bait Allah adalah tubuh Kristus, Beth-El, dan Yesus sudah membuktikan. Dia bangkit!Sekalipun kita merasa kok tidak ada hasil, kita bertanya kepada Tuhan kenapa tidak ada pertolongan, kita bertanya buktinya mana? Tapi kita harus belajar, kebangkitan Tuhan adalah penggenapan Firman Tuhan. Penggenapan akandibukakan Tuhan satu persatu. Apa yang kita baca hari ini mungkin tidak berguna hari ini, tapi satu saat akan berguna dan digenapi Tuhan.
3. Kebangkitan Tuhan ditawarkan kepada semua orang
Lukas 27:10-12, Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul. Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu. Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu.Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.Setiap orang ditawarkan pemberitaan yang sama, setiap murid diberitakan hal yang sama. Tapi hanya satu, yaitu Petrus, yang pergi cepat-cepat ke kubur itu.
Berita Salib adalah berita keselamatan, tidak hanya untuk golongan tertentu, tapi semua orang diberitakan berita keselamatan. Tapi yang menerima keselamatan hanya yang mendengar dan percaya.Keselamatan adalah mujizat, siapa yang meresponi akan mengalami. Yang tidak percaya mujizat jangan bermimpi akan menerima mujizat. Kalau kita percaya mujizat, pastilah Saudara mengalami mujizat dalam kehidupan Saudara.Kapan? Saya bosan menunggu. Saudara, Waktunya terserah Tuhan! Ingat, semakin besar masalahmu, maka semakin besar Saudara. Hanya yang meresponi Tuhan, dia yang akandiselamatkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA PERAYAAN EKARISTI (RITUS NOVUS ORDO)

Logo/Lambang Organisasi KMK St. Tarsisius Unmul

Hari Ayah Nasional 12 November 2019